Labuan Bajo, Flores

Penulis: Terang Digital Media
www.terang.co
Foto Oleh: Kunto Anggoro
Terang Memijak

Naik gunung, atau bersantai di laut? Seringkali kita dihadapkan dengan pertanyaan tersebut. Selama ini, saat hendak menyegarkan pikiran dari kepenatan, kita diminta memilih satu di antara segarnya udara pegunungan atau indahnya jingga matahari tenggelam di lautan. Namun, mengapa harus memilih jika kita bisa mendapatkan keduanya sekaligus pada satu tempat?

Labuan Bajo, sebuah kota yang terletak di ujung Barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, menyuguhkan keduanya dengan padanan yang sama sempurna. Tempat ini merupakan hadiah untuk para traveller yang menyukai perbukitan, pun mencintai tenangnya lautan.


Tak hanya pemandangan yang sangat mengagumkan, Labuan Bajo menawarkan banyak hal yang tak kalah menarik. Penginapan yang terletak dekat dengan tempat tinggal Komodo, restoran cantik dengan pemandangan langsung lepas pantai, dan juga akses menuju perkampungan warga lokal.

Penginapan dan restoran yang terdapat di Labuan Bajo pun tidak kalah menarik dengan atraksi turis lainnya.

Belum selesai sampai di situ, Labuan Bajo pun dikenal dengan hasil tangkapan lautnya. Tak heran jika jarak tempuh menuju pemukiman warga dan fish market terhitung dekat. Jangan lupa untuk menyempatkan waktu bertamu dan bercengkrama dengan warga sekitar, karena Flores menyimpan banyak kearifan lokal dan harta karun hasil karya warganya.

Ingin bersantai menikmati pemandangannya saja? Atau penasaran dengan penampakan sunset di Labuan Bajo?

Sudah mulai tertarik berkunjung ke kota yang amat kaya ini? Tenang! Tidak sulit kok, kamu bisa memilih jalur udara, darat, atau jalur laut.
1. Jalur Udara: Untuk kamu yang mengingkan efisiensi waktu, jalur udara pilihan yang tepat. Transnusa Airlines menghubungkan kota Labuan Bajo dengan beberapa kota di Indonesia, seperti: Denpasar, Kupang, Ende, dan Mataram.
2. Jalur Darat: Untukmu yang menyukai petualangan yang menguji adrenalin, bisa memilih jalur darat. Perjalanan dimulai melalui bus dari kota Denpasar, Bali, yang akan mengantarkanmu ke Mataram, Lombok. Dari sana, perjalanan akan dilanjutkan dengan bus ke Bima. Dilanjutkan dengan perjalanan panjang ke Sape, dan dari Sape, tersedia Ferry yang pada akhirnya akan membawamu ke Labuan Bajo.
3. Jalur laut: Menaiki ferry atau kapal lainnya dari Mataram, Lombok.

Dengan “paket”-nya yang begitu lengkap, banyak turis yang mengaku sangat puas berkunjung ke Labuan Bajo. Tak sedikit yang ingin kembali dan bertemu indahnya untuk kali yang kedua. Jadi, masa iya masih ragu berkunjung ke kota penuh kejutan ini? Kami tunggu ceritamu dari Labuan Bajo!

References:
http://www.indonesia.travel/en/destination/area/labuan-bajo
http://discoveryourindonesia.com/things-to-do-in-labuan-bajo/

Leave a Reply